Raih Juara Kedua Lomba TTG Kota Banda Aceh 2019, RISFAN SIAP BERLAGA DI TINGKAT PROVINSI!

Raih Juara Kedua Lomba TTG Kota Banda Aceh 2019, RISFAN SIAP BERLAGA DI TINGKAT PROVINSI!

Risfan Fauzatul Alsa, siswa kelas XI-B SMK – SMTI Banda Aceh, meraih Juara Kedua pada Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke-2 Tingkat Kota Banda Aceh Tahun 2019. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Walikota Banda Aceh Nomor 361 Tahun 2019 tentang Pemenang Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Kota Banda Aceh Tahun 2019.

Pada lomba tersebut, Risfan Fauzatul Alsa memperkenalkan Pirta Briket Press yang bisa digunakan untuk mengembangkan tempurung kelapa dan ampas kopi sebagai bahan bakar alternatif (Biobriket) yang ramah lingkungan. Adapun dalam persiapan mengikuti lomba ini, ia dibimbing oleh Buk Cuta Raziah dan Bapak Nursiddik, guru sekaligus pelatih Kegiatan Ekstrakurikuler Bidang TTG di SMK – SMTI Banda Aceh.

Penyerahan hadiah untuk para pemenang langsung diserahkan oleh Walikota Banda Aceh, Bapak Aminullah Usman, didampingi oleh Wakil Walikota Banda Aceh, Zainal Arifin, pada malam penutupan serangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun Kota Banda Aceh Ke-814 di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh pada Senin, 17 Juni 2019 malam.

Seluruh pemenang, selain mendapatkan piala dan piagam penghargaan, juga mendapat uang pembinaan dengan jumlah sesuai juara. Untuk juara I Rp 10.000.000,- Juara II Rp 8.000.000,- Juara III Rp 6.000.000,- Juara Harapan I Rp 4.000.000,- Juara Harapan II Rp 3.000.000,- dan Juara Harapan III Rp 2.000.000,-.

Berdasarkan informasi yang diterima, saat ini Raisfan Falizatul sedang mengikuti bimbingan selanjutnya untuk persiapan mengikuti lomba serupa di tingkat Provinsi Aceh mewakili Kota Banda Aceh bersama juara pertama dan ketiga yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 13 Juli 2019 mendatang di Kabupaten Bener Meriah.

“Jadi, prestasi ini kebanggaan tersendiri bagi kita karena lombanya kategori umum. Semua elemen masyarakat bisa ikut. Juara pertama seorang dosen di salah satu universitas di Aceh yang berlatar pendidikan S3. Juara ketiga merupakan seorang pengusaha. Risfan adalah satu-satunya yang berasal dari sekolah SMK/sederajat yang lolos ke barisan para juara.” Ujar Buk Cut Raziah bangga.

“Mengenai persiapan untuk ke tingkat provinsi, alat yang digunakan sedang kita modifikasi dan sempurnakan. Untuk briketnya, sesudah berhasil diproduksi nantinya akan kita uji di Balai POM Aceh sebelum kita perkenalkan pada lomba di bulan Juli mendatang.” Tambahnya.

Pihak sekolah sendiri sangat mendukung persiapan untuk ke tingkat provinsi. Hal ini ditunjukkan dengan disediakannya daya dukung yang sangat memadai seperti fasilitas pelatihan, biaya pelatihan, dan kompetensi pelatih. Harapan terbaik tentunya, seluruh warga SMK-SMTI Banda Aceh mendukung dan mendoakan semoga persiapan perlombaan lancar dan maksimal dan hasil yang diraih di tingkat provinsi nantinya juga maksimal. Keep spirit and good luck Risfan Fauzatul Alsa! (SAK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *