Siswi SMTI Banda Aceh Menoreh Prestasi pada HPSN Kota Banda Aceh 2020

Siswi SMTI Banda Aceh Menoreh Prestasi pada HPSN Kota Banda Aceh 2020

SMTI Banda Aceh – Siswi SMK – SMTI Banda Aceh Banda, Intan Az-Zahra siswa kelas X-D berhasil meraih Juara III lomba Kampanye Pengelolaan Sampah Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Banda Aceh pada rangkaian kegiatan Aksi Lingkungan di sepanjang Pantai Ulee Lheue pada hari Sabtu, 14 Maret 2020. Kegiatan Aksi Lingkungan dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Kota Banda Aceh 2020.

Dalam penampilan lomba kampanye pengelolaan sampah, Intan menyampaikan, “Indonesia memiliki masyarakat pesisir sebanyak 187,2 juta jiwa yang setiap tahunnya menghasilkan 3,22 juta ton sampah. Diperkirakan, pada tahun 2040 jumlah sampah akan lebih banyak dari populasi ikan di laut. Maka dari itu, mari kita meningkatkan kepedulian kita terhadap sampah. Hal terkecil yang bisa kita lakukan adalah mari kita mulai mengelola sampah sendiri seperti membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah sesuai jenisnya, diet botol plastik, dan mengimplementasikan prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, and replace) di kehidupan sehari-hari.” Selanjutnya, ia memberikan pesan motivatif kepada teman-teman sesama pelajar untuk peduli sampah dan mendukung program Pemerintah Kota Banda Aceh bebas sampah 2025.

Lomba kampanye ini sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HPSN 2020. Puncak kegiatannya adalah pelaksanaan aksi lingkungan yang merupakan agenda tahunan dan rutin dilakukan beberapa tahun terakhir. HPSN sendiri jatuh pada setiap tanggal 21 Februari. Namun, untuk tahun 2020, kegiatan yang dipusatkan di Kawasan Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue ini diperingati pada hari Sabtu, 14 Maret 2020 pagi hingga siang hari.

HPSN pertama kali dicanangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup pada tahun 2006. Untuk Banda Aceh, kegiatan serupa dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh.
Pada kegiatan ini, sebanyak 73 warga SMK-SMTI Banda Aceh ikut berpartisipasi. Sebagian besar merupakan siswa ekstrakurikuler Bidang Pelajar Cinta Lingkungan (PCL) dan Adiwiyata. Selain itu, turut hadir pula kepala sekolah, guru senior, ketua tim adiwiyata, pelatih ekskul PCL & Adiwiyata, runner up 1 Duta Lingkungan Kota tahun 2018, bahkan pembina PCL & Adiwiyata SMK – SMTI Banda Aceh.

Atas partisipasi warga SMK-SMTI Banda Aceh ini, Bapak Zulfikar Abdulah, Aktivis Lingkungan sekaligus Pembina PCL & Adiwiyata mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas besarnya antusias anak-anak dan pendamping. “Kepada tim PCL agar tetap dan terus berpartisipasi untuk kegiatan-kegiatan seperti ini. Dan kalau bisa, tim membuat jadwal rutin sendiri tanpa harus menunggu event yang diselenggarakan oleh DLHK3 Banda Aceh. Dan jangan lupa, di setiap aksi, harus ada data tercatat berapa jumlah sampah yang terkumpul. Demikian juga setelah dipilah, jumlah masing-masing jenis sampah harus ada. Untuk apa? Salah satunya, untuk melihat perkembangan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampahnya masing-masing.”

Ia kemudian menambahkan, “Ke depan, agar anak-anak jangan segan-segan untuk memberitahu Bapak kalau ada rencana pelaksanaan aksi lingkungan. Bapak akan dengan senang hati untuk mendukung bahkan berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diikuti dan atau dilaksanakan oleh PCL sendiri. Kegiatan ini sangat baik untuk anak-anak semua sebagai pembelajaran betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.”

Menjelang tibanya waktu Zuhur, seluruh panitia dan tamu kegiatan meninggalkan lokasi. Demikian juga warga SMK – SMTI Banda Aceh. Meninggalkan lokas kegiatan dengan harapan masalah sampah, khususnya di Kota Banda Aceh ke depannya bisa tertangani.(PE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *