Era New Normal, PLS 2020 Tetap Dilakukan sesuai Protokoler Kesehatan

Era New Normal, PLS 2020 Tetap Dilakukan sesuai Protokoler Kesehatan

SMTI Banda Aceh – Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun 2020 dalam rangka menyambut siswa baru Tahun Pelajaran 2020/2021. PLS tahun 2020 dilaksanakan sejak Senin, 13 Juli 2020 hinggan Kamis, 16 Juli 2020 di Ruang Aula Gedung A.

Namun, ada yang berbeda dalam pelaksanaan PLS tahun ini. Jika tahun-tahun sebelumnya, PLS selalu dilakukan sekaligus untuk seluruh siswa baru di satu waktu, dari pagi hingga sore hari, berturut-turut selama 5 hari kerja, Senin s.d. Jum’at. Pada tahun 2020, khususnya di era New Normal ini, PLS dilaksanakan tidak seperti biasanya.

Demi mengikuti protokoler kesehatan penanganan Covid-19, kegiatan PLS tahun 2020 ini dilaksanakan selama 4 hari. Pesertanya juga tidak digabungkan sekaligus di satu waktu, tetapi dibagi ke dalam 7 sesi.

Dari total jumlah siswa sebanyak 244 siswa, peserta dibagia menjadi, sesi 1 sebanyak 34 siswa, sesi 2 sebanyak 32 siswa, sesi 3 sebanyak 33 siswa, sesi 4 sebanyak 35 siswa, sesi 5 sebanyak 33 siswa, sesi 6 sebanyak 39 siswa, dan sesi 7 sebanyak 38 siswa yang didampingi oleh salah satu orang tua/wali masing-masing siswa. Kegiatan dilaksanakan di di Ruang Aula Gedung A yang memilki kapasitas sebanyak 300 orang lebih. Setiap sesi berdurasi 4 jam, yaitu pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB untuk sesi pagi, dan pukul 14.00 WIB s.d. 18.00 WIB untuk sesi siang.

Dalam proses pelaksanaan kegiatan PLS ini, cuci tangan pakai sabun, cek suhu tubuh, hingga pemakaian masker wajib dilakukan untuk setiap siswa maupun orang tua/wali siswa yang hadir. Tim Pengawas dari Polda Aceh juga ikut menyukseskan kelancaran proses kegiatan ini dengan memastikan proses kegiatan sesuai dengan protokoler kesehatan yang ditetapkan.

Adapun rangkaian kegiatannya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada tiga kegiatan utama yaitu, penyampaian program sekolah oleh Kepala Sekolah, Hariyanto, serah terima siswa baru oleh orang tua/wali siswa kepada sekolah, dan pembacaan ikrar siswa baru serta pernyataan tata tertib siswa oleh perwakilan siswa baru.

Hariyanto dalam sambutannya mengucapkan, “Selamat datang dan selamat bergabung serta selamat menempuh pendidikan di SMK – SMTI Banda Aceh anak-anak Bapak semuanya, siswa baru kelas X TP. 2020/2021. Jadi, sekolah kita ini berada di bawah Kementerian Perindustrian dan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Banyak prestasi yang telah dicapai oleh sekolah kita di antaranya, sekolah kita terakreditasi A dengan nilai 98. Peralatan laboratorium kita lengkap dan sudah berstandar internasional. Ruang belajar kita sangat nyaman dengan berbagai fasilitas. Guru-guru pengampu mata pelajaran 60% sudah S2 bahkan sebanyak dua orang sudah S3. Sekolah kita juga sudah bersertifikat SMM ISO 9001:2015 dan SML ISO 14001:2015 dari PT TUV Rheinland Indonesia, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dari Kementerian Tenaga Kerja, serta pertama dan satu-satunya untuk saat ini di Provinsi Aceh yang telah mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup, serta masih banyak prestasi-pretasi lainnya.”

“Anak-anak Bapak patut berbangga memilih SMK – SMTI Banda Aceh sebagai wadah menempuh pendidikan di tingkat SLTA dengan berbagai prestasi yang telah diraih oleh sekolah kita ini dan harus lebih semangat lagi tentunya dalam belajar untuk mempertahankan bahkan meningkatkan apa yang sudah kita raih.” Tambahnya.

Pada PLS tahun 2020 ini, siswa dan orang tua/ wali siswa baru juga diberikan sosialisasi materi Pembangunan Zona Integritas (ZI) di Lingkungan SMK-SMTI Banda Aceh oleh Chairil Almi, Agusmidi, dan Muhamad Suherlan. “Saya hanya menyampaikan sedikit tentang apa yang sedang kita bangun di sini (SMK – SMTI Banda Aceh). Zona integritas adalah predikat yang diberikan oleh pemerintah kepada instansi pemerintah yang pimpinanya dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).” Ujar Chairil Almy dalam sambutannya.

“Semua tempat memiliki potensi melakukan korupsi, kolusi, nepotisme, grativikasi, benturan kepentingan, whistle blowing, dan segala bentuk ketidaksusaian lainnya. Tujuan kita membangun zona integritas adalah untuk mewujudkan instansi yang tranparan dan bebas dari segala hal tersebut serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jadi, jika dalam pelaksanaan layanan di lingkungan SMK-SMTI Banda Aceh Bapak, Ibu, dan anak-anak menemukan ketidaksesuaian, bisa melaporkan kepada Tim Zona Integritas SMK – SMTI Banda Aceh untuk proses tindak lanjut melalui layanan telephone di 0651-8082603, layanan faximile di 0651-29982, layanan email di smksmti.bandaaceh@gmail.com, layanan website di www.smksmtiaceh.sch.id, layanan kotak saran, atau bisa secara langsung melalui Petugas Counter Layanan Publik Gedung A dan B.” tambahnya.

Pada PLS ini juga ada penyampaian muatan kurikulum oleh Waka Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran, Azhari, penyampaian pembelajaran di laboratorium oleh Waka Sarana Prasana Laboratorium dan Pengelolaan Laboratorium, Abdurrahman, penyampaian informasi Prakerin oleh Waka Hubin dan Alumni, M. Kasir, dan konsep Bursa Kerja Khusus (BKK) oleh Koordinator BKK, Junaidi.

Materi tentang muatan jurusan juga diberikan kepada siswa baru. Muatan Jurusan Kimia Industri (KI) disampaikan oleh Ketua Kompetensi Keahlian KI, Sri Dewiana, muatan Jurusan Kimia Analisis (KA) disampaikan oleh Ketua Kompetensi Keahlian KA, Cut Zuraida Hanun, dan muata Jurusan Teknik Mekanik Industri (TMI) disampaikan oleh Ketua Kompetensi Keahlian TMI, T. Adli.

Selain rangkaian kegiatan tersebut di atas, Safet Induction diberikan oleh Tim K3 di awal acara, sedangkan di penghujung acara dilaksanakan kegiatan temu ramah antara siswa baru dengan wali kelas siswa, serta dilanjutkan dengan sosialisasi kegiata OSIS SMK – SMTI Banda Aceh oleh Tim OSIS periode 2019/2020 yang akan menyerahkan kepengurusan OSIS kepada Tim OSIS periode berikutnya dalam waktu dekat ini.(PE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *