Tingkatkan Kompetensi, SMK – SMTI Banda Aceh Gelar Webinar Kesiapan Lulusan Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Tingkatkan Kompetensi, SMK – SMTI Banda Aceh Gelar Webinar Kesiapan Lulusan Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0

Banda Aceh – Sekolah Menengah Kejuruan SMTI Banda Aceh sebagai salah satu sekolah binaan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) bekerjasama dengan mitra industri kembali merilis acara webinar series industri yang ketiga pada Kamis 17 September 2020. Mitra Industri yang ikut bergabung diantaranya adalah PT. Pacific Indopalm Industries, PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Ivomas Tunggal Dumai dan PT. Permata Hijau Group. Webinar series yang ketiga ini mengajak industri memberikan gambaran terkait aplikasi 4.0 dalam industri serta memberikan pemaparan terkait persiapan industri dalam menghadapi masa covid-19 dan juga pola rekrutment dalam industri 4.0.

Webseries yang berlangsung selama 3 jam ini disambut baik oleh Hariyanto, Kepala SMK – SMTI Banda Aceh. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Eko S. A. Cahyanto, Kepala Badan Sumber Daya Manusia Industri. Acara webinar series yang juga diperuntukkan kepada siswa SMK – SMTI Banda Aceh serta alumni diisi dengan materi-materi terkait langsung dari 5 (lima) mitra industri, dengan harapan terwujudnya peningkatan motivasi dalam belajar dan menghadapi dunia kerja yang akan datang. Melalui kegiatan ini diharapkan wawasan siswa/i SMK – SMTI Banda Aceh semakin baik dalam pengembangan kompetensi keahliannya menghadapi industri 4.0 terutama di era Pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Hariyanto selaku Kepala sekolah menyampaikan bahwasanya peran industri dalam serapan tenaga kerja, peningkatan kualitas mutu pendidikan dan motivasi sekolah dalam menghasilkan peserta didik yang kompeten sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Untuk itu Hariyanto mengharapkan juga hubungan antara sekolah dan mitra industri tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

Kepala BPSDMI dalam sambutannya menekankan kepada seluruh siswa dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan SMK -SMTI Banda Aceh harus siap ”go international” dengan mengimplementasikan kelas bilingual menghadapi tantangan industri 4.0

Muhammad Ali menyampaikan materi Pengenalan Industri 4.0 dan Skill yang Mendukung Penerapannya. Dalam pemaparannya menyampaikan bahwa “Di dalam dunia kerja ada tiga skill utama yang sangat dibutuhkan, yaitu Hard Skill, Soft Skill dan Attitude”. Ketiga komponen ini sangat penting dikembangkan dalam setiap pribadi yang bekerja di dunia industri, tambahnya.

Lukas Oktari Tanjung dalam pemaparannya juga menjelaskan terkait Penerapan Industri 4.0 dalam Proses Produksi dan Analisis Produk di PT. Ivomas Tunggal. Menurutnya, “Kiat-kiat yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan kompetensi dalam pekerjaan diantaranya adalah kompetensi teknis maupun kompetensi dalam enterpreunership”.

Meutia, melalui materinya Pola Rekrutmen dalam Era Industri 4.0 menyampaikan tips-tips agar eksis di era revolusi industri 4.0. Ia menjelaskan bahwa “Pola rekrutmen di era revolusi industri 4.0 tetap sama seperti tahapan rekrutmen manual, hanya saja cara dan polanya yang lebih mengarah ke sistem digitalisasi”. Oleh karena itu harapannya seluruh Siswa SMK – SMTI Banda Aceh harus melek teknologi, meningkatkan kompetensi diri, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kemampuan berkomunikasi serta bijak dalam menggunakan akun media sosial, ujarnya.

Materi terakhir “Tips dan Trik diterima Menjadi tenaga kerja” disampaikan oleh Timbul Jaya Malau dari PT. Permata Hijau Group, Sumatera Utara. Dalam materinya, Ia menyampaikan 3 (tiga) tips sukses di dunia kerja yaitu : 1) KERJA yang merupakan singkatan dari Komitmen dan Komunikasi, Energi dan Emosi, Rajin dan Rapi, Jujur dan Juara serta Amanah, 2) ATM yang merupakan Singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi, dan 3) PIN singakatan dari Potensi, Investasi dan Network.

Seluruh guru dan alumni SMK – SMTI Banda Aceh sangat antusias dalam mengikuti acara webinar ini terbukti dari banyaknya tanggapan, komentar, dan juga pertanyaan dari siswa siswi SMK – SMTI Banda Aceh.

Iken Retnowulan selaku Kepala PPPKVI BPSDMI pada sesi penutupan kegiatan juga menyampaikan bahwa ”Kegiatan webinar ini sangatlah relevan dilaksanakan di masa pandemik, karena dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi siswa dalam menjawab tantangan rekrutmen di era industri 4.0. Harapannya, acara ini memberikan manfaat dan juga memberikan impact yang besar dalam menggerakkan motivasi dan juga menigkatkan knowledge siswa dalam dunia kerja dan industri. (JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *