Respon Situasi Covid-19, SMK-SMTI Aceh Gunakan CloudX untuk Pembelajaran

Respon Situasi Covid-19, SMK-SMTI Aceh Gunakan CloudX untuk Pembelajaran

BANDA ACEH, SMK – SMTI Banda Aceh merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang terkena dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid 19) yang sedang melanda Indonesia. Akibatnya, seluruh kegiatan proses pembelajaran tatap muka terpaksa dihentikan. Hal ini dilakukan untuk mendukung Program Pemerintah dalam rangka Penanggulangan Pandemi Covid 19. Pihak sekolah terus mencari solusi supaya sekolah bisa memberikan layanan pembelajaran kepada siswa-siswinya tanpa harus membahayakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Salah satu cara yang sudah dilakukan agar kegiatan pembelajaran bisa berlanjut adalah dengan membuat sistem belajar secara daring/online.

Sejalan dengan program SMK – SMTI Banda Aceh tersebut, Telkomsel juga terus proaktif dalam membantu seluruh lapisan masyarakat Indonesia di tengah pandemik global Corona Virus Disease (Covid-19) yang masih berlangsung hingga saat ini. Telkomsel juga mendukung sepenuhnya mengenai himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah guna mengurangi penyebaran virus corona. Sebagai Leading Digital Telco Company menyadari bahwa implementasi pemanfataan teknologi digital dapat memberikan solusi sesuai kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pemberlakuan bekerja dan belajar secara online. Untuk itu, Telkomsel melalui lini layanan solusi bisnis korporasi memberikan penawaran harga khusus serta layanan CloudX bagi pelanggan korporate dan untuk Pendidikan kampus/Sekolah .

Aplikasi CloudX ini merupakan aplikasi yang dimilki oleh Telkomsel yang memiliki fungsi seperti aplikasi zoom meeting. Melalui aplikasi CloudX pihak sekolah bisa mendistribusikan paket data untuk siswa sesuai dengan jenis layanan CloudX yang dipilih, dan apabila paket data tersebut habis dapat dibeli kembali di Mytelkomsel dengan biaya sesuai yang ditetapkan oleh PT. Telkomsel.

Melalui penggunaan aplikasi CloudX, diharapkan kegiatan pembelajaran dapat terlaksanakan dengan mudah, guru dan siswa tetap produktif, serta hasilnya efektif terutama di era Pandemi Covid-19. Aplikasi tersebut dapat digunakan dengan cara mendownload CloudX di Playstore atau juga dapat didownload pada browser dengan menggunakan komputer/labtop. CloudX dapat diakses dari berbagai perangkat, seperti smartphone, aplikasi, deskphone dan notebook.

Menindaklanjuti penawaran aplikasi CloudX dari Telkomsel, pihak SMK – SMTI Banda Aceh merespon dengan cepat program tersebut dan menjalin kerjasama dengan pihak Telkomsel untuk memelihara dan meweujudkan layanan prima terhadap kegiatan pembelajaran dan mendukung Program Pemerintah dalam rangka penanggulangan bencana Covid-19. Respon cepat dilakukan melalui Memorandum of Understanding (MoU) antara SMK – SMTI Banda Aceh dengan Telkomsel terkait dengan penggunaan aplikasi CloudX.

“Pihak Sekolah SMK – SMTI Banda Aceh merespon dengan cepat program yang ditawarkan oleh Telkomsel dengan menjalin kerjsama dalam rangka mendukung program belajar secara daring/online dan sejalan dengan mendukung Program Pemerintah dalam rangka penanggulangan pandemic Covid-19,” kata Kepala Urusan Program dan Evaluasi SMK – SMTI Banda Aceh Aceh, M. Suherlan melalui keterangannya.

M. Suherlan juga menambahkan sumber dana yang digunakan untuk mendukung kerjasama ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sehingga peserta didik tidak perlu mengeluarkan biayanya, tenaga pendidik dan peserta didik dapat menikmati secara langsung paket data internet yang didistribusikan dalam kegiatan pembelajaran daring/online, tambah pria yang sering disapa Herlan ini.

Update terakhir, dikutip dari detik.com, Kamis (17/9/2020), Kota Banda Aceh dari sebelumnya berada pada zona merah kini berubah menjadi zona oranye (risiko sedang) penyebaran virus Corona di Aceh.

“Tim Pakar Satgas COVID-19 nasional melakukan analisis terhadap indikator epidemiologis, surveilans kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan. Di Kota Banda Aceh dan Aceh Barat berdasarkan data per 13 September 2020 dan keduanya menjadi zona oranye dengan risiko sedang peningkatan kasus COVID-19,” kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, Kamis (17/9/2020).

Saat ini, khususnya Banda Aceh memang bukan berada pada zona merah lagi. Namun pihak SMK – SMTI Banda Aceh, dalam rangka mendukung penanggulangan bencana Covid-19 yang juga merupakan Program Pemerintah Pusat dan Daerah, pihak sekolah tetap memberikan arahan kepada peserta didik untuk tetap memetauhi protokol kesehatan seperti “Menjaga Jarak” dan “Dirumah Saja”. Dengan adanya kerjasama ini, pihak sekolah berharap kepada peserta didik untuk dapat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan aplikasi CloudX secara maksimal.

“Dengan adanya aplikasi ini sangat mendukung kegiatan program belajar sekolah secara online. Kami tidak harus keluar rumah dan pergi ke sekolah. Kami dapat belajar hanya dari rumah saja. Ini dapat melindungi kami dari terpaparnya penularan virus Corona (Covid-19). Jadi pihak sekolah dan Telkomsel telah bekerja sama demi kemudahan kami dalam belajar,” kata salah seorang siswa SMK – SMTI Banda Aceh. Hal ini sesuai dengan protokoler Covid-19 yang berlaku hingga saat ini.(MAS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *