Tahun Anggaran Baru, POK Kegiatan Diserahkan kepada Koordinator Kegiatan sekaligus Penandatanganan Pakta Integritas

Tahun Anggaran Baru, POK Kegiatan Diserahkan kepada Koordinator Kegiatan sekaligus Penandatanganan Pakta Integritas

Banda Aceh – Menghadapi tahu anggaran 2021, SMK – SMTI Banda Aceh menyerahkan POK Kegiatan kepada 19 (sembilan belas) koordinator kegiatan sekaligus penandatanganan pakta integritas oleh pimpinan dan tiap-tiap koordinator kegiatan. Kegiatan dilaksanakan pada sore Jum’at, 22 Januari 2021 di Ruang Aula Gedung A. Kegiatan tahunan yang dikoordinasikan oleh Tim Urusan Program dan Evaluasi ini dipimpin oleh Plt. Kepala Sekolah dan Kasubbag Tata Usaha. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Koordinator Kegiatan dan pegawai di lingkungan SMK – SMTI Banda Aceh dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti memakai masker dan duduk berjarak sesuai ketentuan.

Dalam kegiatan rutin setiap awal tahun ini, realisasi rencana kegiatan tahun sebelumnya, tahun 2020, dipaparkan kepada seluruh pegawai. Hal ini bertujuan sebagai apresiasi kepada seluruh tim yang sudah berkerja maksimal hingga tercapainya realisasi rencana kegiatan tahun 2020 yang maksimal pula. Dalam kegiatan yang sama, juga disampaikan rencana realisasi kegiatan tahun anggaran 2021, dengan harapan agar seluruh tim kerja kembali membangun dan memaksimalkan lagi kerja sama antartim yang sudah terbentuk sebelumnya demi ketercapaian target realisasi rencana kegiatan SMK – SMTI Banda Aceh pada tahun anggaran 2021 ini.

Dalam sambutan umum Plt. Kepala Sekolah, Abdurrahman, ia menyampaikan, “Pencapaian realisasi rencana kegiatan pada tahun anggaran 2020 sudah sangat maksimal. Walau terjadi sedikit penurunan dari tahun 2019, kita tetap berada di titik yang memuaskan. Kita patut mengapresiasi kinerja seluruh tim, walau sedang dalam masa pandemic covid-19 ini, kita tetap mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sudah kita rancang di awal tahun 2020 dengan maksimal. Kita tidak memungkiri juga, ada beberapa kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan seperti kegiatan Capacity Building (Outbound) bagi siswa kelas X TP. 2019/2020 dikarenakan masa pandemic ini.”

Ia juga menyampaikan sedikit pembahasan terkait kinerja pegawai, baik PNS maupun PPNPN di lingkungan SMK – SMTI Banda Aceh. “Yang perlu kita, seluruh pegawai, ketahui bersama bahwa kita bisa tetap beraktivitas di SMK – SMTI Banda Aceh karena adanya siswa. Seluruh program kegiatan yang kita rancang, selalu bermuara kepada siswa. Maka dari itu, kita semua tanpa terkecuali, agar memberikan dan meningkatkan pelayanan kita khususnya kepada siswa. Hal ini tentunya bukan merupakan hal sulit untuk kita laksanakan, karena waktu-waktu sebelumnya juga kita sudah melaksanakannya. Harapannya, agar apa yang sudah kita lakukan selama ini, bersama-sama kita tingkatkan lagi.”

Kasubbag Tata Usaha, Chairil Almy, dalam sambutannya terkait Kinerja Manajemen Sekolah, Kinerja Pegawai, Sistem Penilaian Pegawai, Pelaksanaan Teknis Kegiatan, dan Anggaran Tahun 2021 menyampaikan, “Seperti yang telah disampaikan oleh Plt. Kepala Sekolah, realisasi rencana kegiatan kita tahun 2020 sedikit lebih rendah dari pada realisasi di tahun 2019. Di tahun 2021 ini, tentunya kita berharap agar pencapain itu bisa kita tingkatkan kembali. Dengan formasi tim kerja yang sudah terbentuk di awal tahun ini, insya Allah, target yang diberikan kepada SMK – SMTI Banda Aceh oleh pemerintah pusat bukanlah hal yang berat selama kita bisa membentuk kerja sama tim yang baik, meningkatkan disiplin, dan memiliki integritas yang baik. Hal tersebut juga sudah kita lakukan selama ini. Jadi, mari sama-sama kita tingkatkan lagi demi kemajuan SMK – SMTI Banda Aceh.”

Selanjutnya, terkait sistem penilaian pegawai ia menambahkan bahwa pada tahun 2021 kemungkinan akan ada perbedaan sistem penilaian kerja bagi pegawai. Hal ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Regulasi ini juga dikenal dengan penilaian 360 derajat. Dengan regulasi ini, penilaian tidak hanya dilakukan dari atasan kepada bawahan. Tetapi, bawahan juga menilai perilaku atasannya. Perilaku PNS dalam bekerja juga dinilai oleh atasan, bawahan, rekan kerja, serta diri sendiri dalam metode survei tertutup. Aspek perilaku yang dilihat berdasarkan PP ini adalah orientasi pelayanan, kepemimpinan, kerja sama, komitmen, dan inisiatif kerja.

Berdasarkan sistem penilaian perilaku kerja 360 derajat, nilai SKP berbobot 60 % dan 40 % berasal dari nilai perilaku. Namun, bagi instansi yang belum menerapkan sistem penilaian 360 derajat, maka SKP memiliki bobot 70 % dan perilaku kerja sebesar 30 %.

Dalam kegiatan ini juga, Kepala Urusan Program dan Evaluasi, Muhamad Suherlan, memambahkan penjelasan Kasubbag TU terkait kebijakan-kebijakan terbaru dalam pengelolaan anggaran kegiatan pada tahun anggaran 2021. Selain itu, Kepala Urusan Kepegawaian dan Manajemen Kinerja, Rahmad Hidayat menambahkan penjelasan Kasubbag TU terkait manajemen kinerja pegawai, baik PNS maupun PPNPN di lingkungan SMK – SMTI Banda Aceh.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan POK Kegiatan kepada 19 (sembilan belas) koordinator kegiatan sekaligus penandatangan pakta integritas oleh pimpinan dan seluruh koordinator kegiatan.(DR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *