Pandemik Masih Melanda, Prakerin Siswa Kelas XII Tetap Dilaksanakan

Pandemik Masih Melanda, Prakerin Siswa Kelas XII Tetap Dilaksanakan

Banda Aceh – Rabu (1/9/2021) Dewan guru SMK SMTI Banda Aceh melaksanakan serah terima siswa kelas XII TP 2021/2022 yang mengikuti program kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ke beberapa Dunia Usaha/ Dunia Industri (DUDI) mitra SMK SMTI Banda Aceh pada hari Rabu, 1 September 2021. Program yang wajib diikuti oleh siswa kelas XII setiap tahun ini tetap dilaksanakan walaupun saat ini status pandemic covid-19 masih berlangsung. Berbagai upaya dilakukan demi terlaksananya kegiatan ini dengan tetap memperhatikan dan mengikuti protocol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan Prakerin sendiri merupakan program yang wajib dilakukan oleh siswa kelas XII semester V sebagai salah satu syarat kelulusan. Wajibnya program ini dikarenakan setiap siswa dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap terjun ke dunia kerja pascakelulusan. Jadi, dengan adanya Prakerin ini, siswa mendapatkan pengalaman untuk bekerja secara langsung dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh dan sebagai ajang kesesuaian antara dunia pendidikan dengan dunia industri.

Beberapa waktu sebelumnya, Bidang Hubungan Industri dan Alumni yang dipimpin oleh M. Kasir melakukan berbagai persiapan program ini. Mulai dari negosiasi dan koordinasi dengan DUDI, diskusi dengan para orang tua/wali siswa, pembekalan siswa, koordinasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Aceh terkait proses keanggotaan siswa kelas XII, dan pelepasan siswa ke DUDI.
Dalam persiapan pelaksanaan program ini, beberapa kendala terjadi. Sejak Januari hingga Agustus 2021, panitia pelaksana mulai melaksanakan negosiasi ke DUDI terkait permohonan tempat pelaksanaan Prakerin. Banyak DUDI yang tidak bisa menerima permohonan karena masa pandemic masih melanda. Ada juga DUDI yang sebelumnya bersedia menerima permohonan ini, di kemudian hari menjelang waktu pelaksanaan Prakerin harus membatalkan kerja sama karena status pandemi meningkat.

Berdasarkan informasi dari salah satu panitia pelaksana, Syarifah Mastura, dibalik kendala-kendala yang dihadapi tersebut, dukungan dari berbagai pihak juga terus mengalir untuk suksesnya pelaksanaan program ini. Dari orang tua/ wali siswa misalnya, mereka sangat mendukung terlaksananya program ini. Mereka sangat senang SMK SMTI Banda Aceh bisa melaksanakan program Prakerin di tengah pandemic ini. Walaupun demikian, ada sebagian orang tua/wali siswa yang kecewa karena anak-anaknya tidak bisa melaksanakan Prakerin di perusahaan-perusahaan besar di luar Aceh seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan mereka memahami betapa pentingnya program ini bagi anak-anak mereka pascakelulusan kelak.

Menjelang hari keberangkatakan ke perusahaan-perusahaan, siswa diberikan kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah diproses sebelumnya. Ada juga yang melakukan vaksinasi covid-19 sebagai upaya mengikuti protocol kesehatan.

Berikut daftar DUDI yang menjadi tempat pelaksanaan program Prakerin siswa kelas XII TP 2021/2022.
1. PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh sebanyak 40 siswa,
2. PT Pupuk Iskandar Muda Kota Lhokseumawe sebanyak 10 siswa,
3. UPTD Balai Pengujian Standarisasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh sebanyak 6 siswa,
4. PT PHG (PT Victoria Alam Lestari) Hutalombang sebanyak 6 siswa,
5. PT PHG (PHS SOSA) sebanyak 6 siswa,
6. PT PHG (PT Nagamas) Dumai sebanyak 7 siswa,
7. PT Bina Putra Usaha Maju sebanyak 16 siswa,
8. PT Socfindo Seumanyam Nagan Raya sebanyak 14 siswa,
9. Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Aceh sebanyak 20 siswa,
10. CV Consits Product sebanyak 4 siswa,
11. PDAM Tirta Mountala sebanyak 18 siswa,
12. PT Yakin Bersama Jaya sebanyak 14 siswa,
13. PT Pasifik Tuna Banda Aceh sebanyak 7 siswa,
14. PT Yagi Natural sebanyak 8 siswa,
15. PT Pasifik Indopalm Industries Dumai sebanyak 2 siswa,
16. PDAM Tirta Krueng Meureudu sebanyak 4 siswa,
17. PT VVF Indonesia Medan sebanyak 5 siswa,
18. PT Fajar Baizury Nagan Raya sebanyak 13 siswa,
19. CV Iyyatt Automobile sebanyak 4 siswa,
20. PT Solusi Bangun Andalas Lhoknga sebanyak 10 siswa,
21. PT Multisukses Engineering sebanyak 2 siswa,
22. PLN ULPLTD Lueng Bata sebanyak 1 siswa,
23. PT Isuindomas Putra sebanyak 1 siswa,
24. PT Ejoz Mitra Global sebanyak 3 siswa, dan
25. PDAM Gunung Kila Blang Pidie sebanyak 3 siswa.

Total keseluruhan siswa kelas XII TP 2021/2022 sebanyak 224 siswa dari 3 jurusan yaitu, Kimia Industri (KI), Analisis Pengujian Laboratorium (APL), dan Teknik Mekanik Industri (TMI) mengikuti kegiatan pelepasan secara simbolis Selasa, 31 Agustus 2021 kemarin.(VMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.