Serah Terima Jabatan, Kepala SMK SMTI Banda Aceh Terpilih Diminta Kembangkan Konsep Corporate University dan SMK Excellent Bertaraf International

Serah Terima Jabatan, Kepala SMK SMTI Banda Aceh Terpilih Diminta Kembangkan Konsep Corporate University dan SMK Excellent Bertaraf International

SMK SMTI Banda Aceh – Serah terima jabatan (sertijab) Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh kepada pejabat baru periode 2021/2025, Junaidi, dari Plt. Kepala SMK SMTI Banda Aceh Periode 2020/2021, Abdurrahman oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Yedi Sabaryadi dilaksanakana di Ruang Aula Gedung A SMK SMTI Banda Aceh pada hari Rabu 10 November 2021.

Selain Sekretaris BPSDMI, turut hadir Kapus PPVI BPSDMI, Restu Yuni Widayati, Kapusdiklat Industri BPSMI, Tirta Wisnu Permana, Tenaga Ahli Menteri Perindutrian, Mujiyono, serta rombongan dan tentunya seluruh pegawai SMK SMTI Banda Aceh.

Sambutan Plt. Kepala SMK SMTI Banda Aceh Periode 2020/2021, Abdurrahman

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan Plt. Kepala sekolah SMK SMTI Banda Aceh Abdurrahman. Abdurrahman mengungkapkan rasa terimakasih kepada seganap karyawan beserta dewan guru dan tenaga pendidik yang telah mendukungnya dalam memimpin SMK SMTI Banda Aceh selama kurang lebih satu tahun.

“Saya mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh karyawan, guru, dan tenaga kependidikan SMK SMTI Banda Aceh yang telah membantu dan mendukung saya selama satu tahun lebih. Saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya bila dalam kepemimpinan saya terdapat banyak kekurangan. Hal ini tidak terlepas karena saya juga punya banyak kelemahan”, tuturnya. Rabu (10/11).

Abdurrahman juga menyampaikan harapannya dalam sambutannya tersebut agar seluruh karyawan, guru, dan tenaga kependidikan agar mendukung dan membantu Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh terpilih dalam mencapai visi dan misi sekolah.

Sambutan Kepala SMK SMTI Banda Aceh Periode 2021/2025, Junaidi

Junaidi selaku Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh terpilih dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada Plt. Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh yang telah bersusah payah dalam mempertahan eksistensi sekolah selama satu tahun.

“Sepatutnya kita bersyukur dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besranya kepada Plt. Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh yang telah berjuang dalam mempertahankan keberadaan sekolah ini selama kurang lebih satu tahun sehingga terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif”, ungkapnya. Rabu (10/11).

Junaidi juga mengatakan besarnya tanggung jawab yang harus diterima sebagai Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh. “Tanggung jawab sebagai Kepala Sekolah SMK SMTI Banda Aceh sangat berat apalagi jika tidak terciptanya kerja sama. Infrastuktur yang dimiliki oleh SMK SMTI Banda Aceh sudah lebih dari kata cukup bahkan lebih jika dibandingkan dengan sekolah sederajat lainnya. Oleh karena itu, saya selaku kepala sekolah terpilih meminta kepada seluruh warga SMK SMTI Banda Aceh agar dapat membantu saya dalam kepemimpinan baru ini demi mencapai visi misi sekolah.”

Junaidi juga menambahkan bahwa SMK SMTI Banda Aceh harus mengembangkan sebuah konsep Corporate University yang telah dibebankan oleh Kementerian Perindustrian kepada sekolah.

“Kementerian Perindustrian telah membuat kebijakan bahwa saat ini kita harus mengembangkan sebuah konsep bernama Corporate University. Saya berharap kedepannya kita semua mampu memahami dan mendalami konsep tersebut untuk selanjutnya kita terapkan dan kembangkan.”

Junaidi juga mengibaratkan SMK SMTI Banda Aceh layaknya mobil VIP dan sangat istimewa. Tugas kita bersama membawa mobil ini mencapai tempat tujuannya.

“Sekolah ini seperti mobil VIP yang ada penumpang di dalamnya. Kita harus mengemudikan mobil ini dengan sangat hati-hati. Oleh karena itu, mari kita bawa SMK SMTI Banda Aceh ini menuju tujuannya yaitu sesuai dengan visi dan misinya. Mari sama-sama kita bahu membahu bekerja sama dalam mewujudkan harapan sekolah”, katanya.

Sambutan Sekretaris BPSDMI, Yedi Sabaryadi

Sekretaris BPSDMI, Yedi Sabaryadi, juga turut memberikan sambutannya dalam prosesi rangkaian seremonial serah terima jabatan Kepala SMK SMTI Banda Aceh. Beliau mengucapkan selamat kepada kepala sekolah terpilih dangan mengemban amanah kepemimpinan yang baru.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Plt. SMK SMTI Banda Aceh yang telah melaksanakan tugasnya selama satu tahun dan selamat kepada Kepala SMK SMTI Banda Aceh terpilih. Semoga dapat mengemban amanah ini dengan baik dan bijak”, ucapnya. Rabu (10/11).

Yedi Sabaryadi juga menyampaikan harapan besarnya kepada Kepala SMK SMTI Banda Aceh terpilih untuk dapat mengembangkan sekolah vokasi dan konsep Corporate University yang telah menjadi kebijakan nasional.

“Tugas kita dalam mengembangkan sekolah vokasi terlebih lagi konsep Corporate University sangatlah berat. Saya berharap SMK SMTI Banda Aceh dan juga diperbantukan oleh seluruh pegawainya untuk mengkaji dan mengembangkan konsep tersebut”, tegasnya.

Sambutan Tenaga Ahli Menteri Perindutrian, Mujiyono

Selanjutnya, sambutan ditutup oleh Tenaga Ahli Menteri Perindutrian, Mujiyono, yang juga sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Kapusdiklat Kementerian Perindustrian. Beliau menegaskan Corporate University adalah organisasi pembelajaran.

Corporate University adalah oraganisasi pembelajaran. Maknanya adalah sekelompok orang harus bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam rangka mewujudkan visi dan misi. Corporate University adalah strategi dan cara mencapai suatu tujuan”, tegasnya. Rabu (10/11).

Mujiyono mengatakan SMK SMTI Banda Aceh harus menuju sekolah berbasis Excellent bertaraf international. Dia juga kembali menegaskan, terdapat lima langkah untuk mencapai SMK Excellent bertaraf international.

“Ada lima langkap untuk mencapai SMK Excellent bertaraf international yaitu bangun dual system dengan industri, kembangkan sekolah yang bermanfaat bagi masyarakat dalam hal ini UKM dan berkontribusi dalam pembangunannya, terapkan konsep 4.0, kembangkan skema kompetensi, dan terakhir buka kelas industri, jalin kerja sama dengan industri yang ada di daerah atau luar daerah. Sekolahkan siswa mereka setelah lulus jadikan mereka sebagai karyawannya.”

Pada akhir sesi penyampain sambutanya Mujiyono berharap agar SMK SMTI Banda Aceh dapat membangun kebersamaan dan kekompakan seluruh pegawainya untuk mencapai tujuan bersama. Beliau juga meminta untuk terus membangun tempat kerja yang kondusif, aman, dan sejahtera. Karena segala sesuatu jika dikerjakan dengan kebersamaan, semuanya akan terasa lebih ringan.(MAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *