Siswa SMK SMTI Banda Aceh Raih Juara 2 dan 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Engineering Expo 2021 USK

Siswa SMK SMTI Banda Aceh Raih Juara 2 dan 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Engineering Expo 2021 USK

Banda Aceh – Siswa SMK SMTI Banda Aceh meraih juara 2 dan 3 Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Engineering Expo 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala pada tanggal 4 s.d. 7 November 2021 lalu. Pengumuman hasil lomba disampaikan pada hari Senin, 8 November 2021 sekaligus dengan acara penutupan Engineering Expo 2021.

Kegiatan bertemakan Back To The Glorius Era ini menghadirkan berbagai ragam kegiatan perlombaan terbaik yang dilaksanakan secara luring maupun daring. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Tidak hanya itu, even tersebut juga turut dimeriahkan oleh kalangan pelajar SMA/sederajat se-Indonesia. Tidak ketinggalan, SMK SMTI Banda Aceh ikut bersaing dalam agenda tahunan BEM FT USK tersebut.

Kepala SMK SMTI Banda Aceh, Junaidi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut menjadi ajang yang sangat kompetitif untuk diikuti oleh siswa SMK SMTI Banda Aceh.
“Saya sangat mengapresiakan apa yang telah dilakukan para siswa SMK SMTI Banda Aceh dalam even tahunan tersebut. Hal ini juga sejalan dengan jurusan yang yang telah dibuka di SMK SMTI Banda Aceh. Ada jurusan Teknik Mekanik Industri (TMI), Kimia Industri (KI) dan juga Analisis Pengujian Laboratorium (APL)”, ungkapnya. Senin (15/11).

Alhamdulilah siswa kita mampu bersaing dalam even tersebut. Mereka dapat mengalahkan para pesaing lainnya yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Mereka mendapat juara 2 dan 3 di Cabang Perlombaan Teknologi Tepat Guna. Saya berharap para siswa jangan berpuas diri dengan apa yang telah mereka capai. Meraka harus lebih meningkatkan kemampuannya dalam bersaing di berbagai even yang diselenggarakan agar selanjutnya mendapat prestasi yang lebih baik lagi”, tambahnya.

Ia juga menambahkan, “Semoga setiap kegiatan yang diselenggarakan ke depannya baik dari universitas atau sejenisnya dapat diikuti oleh siswa SMK SMTI Banda Aceh. Para guru dan para pembimbing kegiatan juga dapat memberikan motivasi dan semangat kepada siswa SMK SMTI Banda Aceh lainnya agar mereka ikut serta dalam berbagai even yang diadakan.”

Para Juara dengan Guru Pembimbing, Budi Perdana Putra

Para siswa, Tim TMI 1 dan Tim TMI 2, yang meraih Juara 2 dan 3 lomba inovasi TTG tersebut, semuanya merupakan siswa jurusan Teknik Mekanik Industri (TMI). Tim TMI 2 yang terdiri Ghazy Ammar Munthasir (kelas X TMI B), Arienal Zacky Irfan (kelas X TMI C), dan Ibrahim Yahya (kelas X TMI B) menyabet Juara 2. Juara 3 diraih oleh Tim TMI 1 yang terdiri dari Muhammad Arya (kelas X TMI A), M. Haiqal Azizi (kelas X TMI B), dan Ahmad Khairuddin Harahap (kelas X TMI B). Adapun Juara 1 nya diraih oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Arienal Zacky Irfan, anggota tim TMI 2, mengatakan bahwa judul yang dipilih dalam even Engineering Expo 2021 cabang inovasi teknologi tepat guna mengangkat judul Smart Plant Watering.

“Judul yang kami angkat adalah Smart Plant Watering. Kami memilih judul ini dimaksud untuk dapat membantu pengontrolan sistem perawatan tanaman pada tingkat perorangan. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa dari universitas yang ada di Indonesia. Namun walaupun demikian kami tetap semangat dan optimis dalam kompetisi ini”, katanya. Senin (15/11).

Selanjutnya, Muhammad Arya, anggota tim TMI 1, yang meraih juara ke 3 pada even tersebut juga mengungkapkan rasa kompetitifnya dalam kegiatan ini.

“Judul yang kami pilih adalah Pemberiaan Pakan Ternak Secara Otomatis. Judulnya sederhana. Namun, aplikasinya akan sangat banyak membantu pemilik ternak nantinya sehingga dapat meningkatkan efesiensi dan efektifitas dalam berbinis ternak. Kami memang masih siswa. Pesaing lainnya adalah mahasiswa dari berbagai universitas ternama. Namun kami harus berjuang untuk dapat bersaing. Dalam kegiatan ini, yang terpenting adalah pengalaman yang diperoleh, karena kami baru pertama kali mengikuti kegiatan seperti ini”, ungkapnya. Senin (15/11)

Budi Perdana Putra, guru pembimbing, mengatakan, “Cabang perlombaan yang diadakan sebenarnya banyak, beberapa diantaranya adalah Mobile Apps Competation, Cerdas Cermat, Fotografi, Video Kreatif, Desain Poster, Music Competition, dan satu lagi adalah cabang yang kita ikut serta yaitu Inovasi Teknologi Tepat Guna.” Senin (15/11)

Selain itu, Budi juga mengatakan, perlombaan diawali dengan membuat dan mengumpulkan Proposal Inovasi Teknologi Tepat Guna untuk kemudian diseleksi 3 besar dan kembali diperlombakan dalam partai final.

“Awalnya kita hanya mengirimkan proposalnya saja. Setelah itu nantinya akan diseleksi untuk selanjutnya diperlombakan kembali di partai final. Alhamdulillah tim dari siswa SMK SMTI Banda Aceh masuk dalam partai final tersebut”, tuturnya.

Guru jurusan TMI tersebut juga mengungkapkan rasa syukur yang tak terhingga karena siswa SMK SMTI Banda Aceh dapat meraih juara 2 dan 3 dalam ajang tersebut.

“Mereka memang masih siswa, tapi meraka sangat antusias dan percaya diri. Saingannya pun mahasiswa, jelas beda tingkatannya. Namun, saya yakin dan percaya mereka akan mendapat hasil yang terbaik. Alhamdulillah takdir berpihak kepada mereka. Anak-anak kita dapat meraih juara 2 dan 3 dalam cabang Inovasi Teknologi Tepat Guna tersebut. Sedangkan peringkat 1 diraih oleh mahasiswa dari ITB, dan itu hal yang sangat wajar”, ungkapnya.

Budi juga berharap kepada siswa SMK SMTI Banda Aceh yang telah berpartisipasi maupun yang belum, agar dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi yang dimiliki untuk selanjutnya dapat kembali bersaing dalam berbagai even yang diselenggarakan.

“Saya berharap agar siswa yang telah ikut maupun yang belum berpatisipasi dalam kegiatan tersebut, agar terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya supaya jika kedepannya ada even, mereka sudah siap untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Saya juga menghimbau kepada seluruh guru yang ada di SMK SMTI Banda Aceh untuk dapat bersama-sama membantu para siswa agar dapat memiliki motivasi, semangat, dan kempetensi yang mumpuni agar siswa SMK SMTI Banda Aceh dapat bersaing di kancah nasional maupun internasional ke depannya”, tutupnya.(MAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *