Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2022/2023 SMK SMTI Banda Aceh,  TELAH DIBUKA!

Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2022/2023 SMK SMTI Banda Aceh, TELAH DIBUKA!

SMTI Banda Aceh – Hai Rakan Industri, siswa/siswi kelas IX SMP dan MTs, negeri maupun swasta! Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TP 2022/2023 sudah dibuka mulai hari ini Senin, 7 Februari  2022 hingga akhir bulan Juni 2022 nanti. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website http://www.psb.smksmtiaceh.sch.id dan bila ada kendala, bisa langsung ke SMK SMTI Banda Aceh untuk dibantu oleh panitia PPDB.

 

Persyaratan pendaftarannya apa saja?

Bagi kamu yang ingin mendaftar menjadi calon siswa baru, ada beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan untuk proses seleksi administrasi, yaitu : (1) Foto copy SKHU/Surat Tanda Kelulusan sebanyak 2 lembar (bisa disusul); (2) Foto copy  Ijazah/STTB sebanyak 2 lembar (bisa disusul); (3) Fotocopy kartu NISN 2 lembar; (4) Foto copy  Kartu Keluarga 2 lembar; (5) Foto copy  Akte Kelahiran 2 lembar; (6) Surat keterangan tidak buta warna dan berbadan sehat dari dokter pemerintah/ rumah sakit/ puskesmas asli 1 lembar; (7) Foto copy raport SMP/MTs semester  I s.d. V  sebanyak 1 eksemplar; (8) Surat izin/persetujuan dari orang tua/wali siswa (formulirnya bisa diambil di SMK SMTI Banda Aceh); (9) Surat Rekomendasi Kepala Sekolah (siswa jalur prestasi); (10) Pasphoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar; dan (11) Foto copy sertikat Vaksin 1/2 sebanyak 2 lembar.

Seluruh berkas untuk seleksi administrasi tersebut perlu di­-scan dengan rapi dan diupload pada saat kamu melakukan pendaftaran online.

 

Setelah seleksi administrasi, selanjutnya ada seleksi apa?

Seleksi selanjutnya yaitu seleksi akademik. Seleksi ini dilakukan dengan melihat raport SMP/ MTs kamu. Ada tiga mata pelajaran yang jadi objek penilaian, yaitu; (1) Nilai pelajaran Matematika semester I s.d. V; (2) Nilai pelajaran IPA (Sains) Semester I s.d. V; dan (3) Nilai pelajaran Agama semester I s.d. V.

Proses Pendftaran yang Dibantu oleh Panitia

Setelah dinyatakan lulus seleksi akademik, ada tes lanjutan gak?

Ada dong, yaitu wawancara. Tes ini merupakan tes terakhir sebelum kamu dinyatakan lulus atau tidak lulus sebagai calon siswa baru SMK SMTI Banda Aceh.

 

Biaya pendaftarannya berapa? Terus, biaya-biaya lain yang harus diselesaikan apa dan berapa?

Pendfataran calon siswa baru SMK SMTI Banda Aceh, setiap tahunnya, tidak dilakukan pemungutan biaya, gratis. Selanjutnya, setelah kamu dinyatakan lulus 100%, kamu harus menyelesaikan pembayaran SPP selama 1 tahun (2 semester) sejumlah Rp372.000,-. Selain SPP, untuk siswa baru, biaya yang perlu dikeluarkan adalah biaya baju seragam sekolah sebanyak 7 pasang sebanyak Rp. 1.600.000,-.

 

Setelah semua proses itu selesai, apakah sudah selesai proses seleksi PPDB-nya?

Setelah dinyatakan lulus, kamu masih punya satu langkah lagi dan ini merupakan akhir dari proses PPDB, yaitu memilih salah satu bidang ekstrakurikuler yang ada di SMK SMTI Banda Aceh. Beragam program kegiatan ekstrakurikuler yang bisa kamu pilih tersedia untuk menumbuhkembangkan minat dan bakatmu. Program-programnya adalah Bidang Paskibra, Bidang Pramuka, Bidang Karate, Bidang LKS/LKTI/TTG, Bidang PCL dan Adiwiyata, Bidang Aneka Lomba (football, basketball, volleyball, badminton, dan panahan), Bidang Rohis, Bidang UKS/PMR/PKPR/K3, Bidang Kesenian, dan Bidang Bahasa Inggris.

Pilihan bidang ekstakurikulernya harus kamu sampaikan kepada panitia pada kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di awal pelaksanaan tahun pelajaran baru, TP 2022/2023.

 

Bidang ekstrakurikuler yang sudah dipilih, apakah cukup dengan disampaikan saja pada kegiatan PLS?

Tentu tidak. Kamu harus komitmen dengan pilihanmu, yang harus kamu ikuti di setiap hari Sabtu pagi. Santai tapi serius menjalani program kegiatan ini. Santai karena memang salah satu tujuannya adalah untuk merelaksasi diri setelah full belajar pada hari Senin-Jum’at. Namun, kamu harus mengikutinya dengan serius karena nilai yang kamu dapatkan dari kegiatan ini akan dicantumkan dalam raport dan menjadi salah satu poin penentu naik atau tidak naik kelas, lulus atau tidak lulusnya kamu pada tahun ajaran berjalan.

Nilai minimal yang harus kamu dapat untuk program ekstrakurikuler ini adalah B. Nilai tersebut tidaklah berat jika kamu mengikuti kegiatannya dengan santai tapi serius.

 

Nah, Rakan Industri!

Itulah ulasan tentang proses penerimaan peserta didik baru SMK SMTI Banda Aceh TP 2022/2023. Kami tunggu kedatanganmu di SMK SMTI Banda Aceh.(DR)

Siswa SMP Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.