Mengapa Harus Memilih SMK SMTI Banda Aceh? (Part 1)

Mengapa Harus Memilih SMK SMTI Banda Aceh? (Part 1)

SMTI Banda Aceh – Hai Rakan Industri! Kamu merupakan siswa/siswi kelas IX SMP dan MTs, negeri maupun swasta. Sudah ada planning akan melanjut pendidikan ke sekolah mana? Atau sedang mencari-cari referensi sekolah yang cocok buat kamu? Nah, pas banget. Kita punya referensi buat kamu agar lebih mudah dalam menentukan sekolah yang akan menjadi tujuan kamu untuk melanjutkan pendidikan.

Buat kamu yang SMP/MTs-nya di Kota Banda Aceh-Aceh Besar, pastinya sudah tidak asing dengan nama Sekolah Menengah Kejuruan Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMK SMTI) Banda Aceh. SMK SMTI Banda Aceh atau dulunya juga dikenal dengan STIMA, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Indonesia, dan merupakan satu-satunya di Aceh.

Pasti banyak di antara kamu yang bertanya-tanya, kenapa harus memilih SMK SMTI Banda Aceh untuk melanjutkan pendidikan. Berikut kita ulas keunggulan-keunggalan SMK SMTI Banda Aceh.

Akreditasi dan keunggulan utama SMK SMTI Banda Aceh apa sich?

Akreditasi SMK SMTI Banda Aceh adalah “A” dengan nilai 98 dan merupakan nilai tertinggi akreditasi seluruh sekolah SMA/SMK/MA di Provinsi Aceh. Sekolah ini punya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 yang berkerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Pusat dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang sudah teruji standard dan kualitasnya. Satuan pendidikan ini sudah tersertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001:2015, dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) oleh PT TUV Rheinland Indonesia. SMK SMTI Banda Aceh juga memiliki kerja sama
internasional dengan Vapro Belanda.

Pada tahun 2017, SMK SMTI Banda Aceh berhasil masuk Top 99 Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) milik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refromasi Birokrasi. Pada tahun 2018 lalu, sekolah ini berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri yang langsung dianugerahi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia di Jakarta.

Apakah Visi, Misi, dan Tujuan SMK SMTI Banda Aceh?

Visi SMK SMTI Banda Aceh adalah “Menjadi penyelenggara pendidikan kejuruan industri yang excellence dan bertaraf internasional.” Misinya
adalah, (1) Menyelenggarakan pendidikan kejuruan dual system dengan STEM
learning model
 bertaraf internasional; (2) Melaksanakan pengabdian
masyarakat dalam pengembangan ekosistem IKM; (3) Pengembangan kompetensi industri 4.0 melalui pengembangan ekosistem IKM; (4) Mengembangkan skema kompetensi dan uji kompetensi LSP; dan (5) Mengembangkan kelas industri.

Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, SMK SMTI Banda Aceh menetapkan tujuan yang akan dicapai, sesuai dengan Peta Strategis BPSDMI Kementerian Perindustrian yaitu “Terwujudnya tenaga industri yang kompeten”, yang mempunyai ciri: (1) Memiliki ijazah Sekolah Menengah Kejuruan; (2) Memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP); (3) Terserap di Dunia Usaha dan Industri; (4) Memiliki sertifikat kompetensi berstandar internasional; dan (5) Memiliki sertifikat kompetensi bahasa Inggris dan memiliki program pendidikan sistem ganda (dual system).

Jurusan-jurusan apa saja yang tersedia di SMK SMTI Banda Aceh dan apa kompetensi lulusan tiap-tiap jurusannya?

SMK SMTI Banda Aceh memiliki 3 jurusan yang bisa menjadi pilihan-pilihan terbaik buat kamu, yaitu:

Mini Plant

Jurusan Kimia Industri

Jika kamu memilih Kimia Industri, kompetensi-kompetensi yang bisa kamu miliki adalah (1) Mampu membaca diagram alir Proses Industri Kimia; (2) Mampu mengoperasikan, merawat, serta mengontrol peralatan Industri Kimia, (3) Mampu melakukan proses pengolahan air dan limbah cair non-B3 secara fisika dan kimiawi, (4) Mampu melakukan proses penyulingan sederhana seperti minyak kayu putih, minyak nilam, dan essential oil lainnya, (5) Mampu mengoperasikan mini plant pengolahan CPO dan turunannya menjadi minyak goreng, biodiesel, dan produk kimia lainnya seperti sabun, shampoo, margarin, dan softener.

Laboratorum Instrument

Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium

Kompetensi yang akan kamu miliki jika memilih jurusan ini adalah (1) Mampu melakukan pengujian sampel makanan, minuman, lombah, dan prosuk industry di laboratorium secara konvensional dan menggunakan instrument seperti AAS, GC, spektrofotometer Uv-VIS, pH meter, refractometer, GC-NS, turbidimeter, dsb; dan (2) Mampu melakukan pengujian sampel makanan, minuman, limbah, dan produk industry secara mikrobiologi.

Peralatan Jurusan TMI

Jurusan Teknik Mekanik Industri

Lulusan-lulusan jurusan ini memiliki kompetensi, (1) Mampu mengoperasikan, merawat, serta mengontrol mesin produksi konvensional maupun CNC; (2) Mampu mengoperasikan dan merawat system robotika industry baik dalam teknik produksi maupun proses manufaktur, (3) Mampu membaca dan mempersiapkan gambar teknik atau CAD/CAM; (4) Mampu menggunakan peralatan perkakas; dan (5) Mampu merawat dan memperbaiki komponen permesinan.(VMA)

Lanjut ke Part 2!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.