Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMK SMTI Banda Aceh Gelar Capacity Building 2022

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, SMK SMTI Banda Aceh Gelar Capacity Building 2022

SMTI Banda Aceh – SMK SMTI Banda Aceh berdiri pada 1 September 1965 silam. Sebanyak tiga jurusan yang tersedia di SMK SMTI Banda Aceh, yaitu Kimia Industri, Analisis Pengujian Laboratorium, dan Teknik Mekanik Industri. Ketiga bidang ini memiliki kompetensi lulusan masing-masing dan hal inilah yang diharapkan bisa dikuasai oleh lulusan nantinya dengan professional.

Sejak awal berdiri, SMK SMTI Banda Aceh menyelenggarakan berbagai kegiatan terkait pembelajaran guna terciptanya lulusan yang professional dalam bidangnya. Untuk mencapai hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melaksanakan pembangunan kapasitas (capacity building) SDM bagi siswa setiap tahunnya. Secara umum, capacity building dapat diartikan sebagai proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan (skills), sikap (attitude) dan perilaku (behaviour) dari SDM. Pada level individu, agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan leadership.

Di tahun 2022 ini, setelah absen selama 2 tahun pada 2020 dan 2021, SMK SMTI Banda Aceh kembali melaksanakan program capacity building bagi siswa kelas XI TP 2021/2022. Sebanyak 232 siswa mengikuti kegiatan ini. Berbagai perlengkapan untuk keperluan kegiatan seperti baju kaos, topi rimba, hand sanitizer, masker, sarapan pagi, makan siang, snack sebanyak 3 kali disediakan bagi seluruh peserta. Selain siswa, tenaga pendidik/ kependidikan di lingkungan SMK SMTI Banda Aceh juga mengikuti jalannya kegiatan ini dan disediakan baju kaos dan makan siang serta snack.

Kegiatan berlangsung selama 2 hari, dimulai pada hari Jum’at siang, 18 Maret 2022 di Lapangan Futsal dan area Gedung B. Di hari pertama ini, kegiatan dimulai dengan pembukaan kegiatan dan pengarahan dari kepala SMK SMTI Banda Aceh, Junaidi. Dilanjutkan dengan penjelasan kegiatan dari Direktur Psikodista, pihak ketiga yang menjadi mitra pelaksanaan kegiatan ini. Kemudian, penyerahan atribut kegiatan secara simbolik kepada peserta kegiatan dan dilanjutkan dengan penandatangan MoU kerja sama antara SMK SMTI Banda Aceh dan Psikodista.

Setelah opening ceremonial, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Mahadi Bahtera, guru SMK SMTI Banda Aceh yang juga merupakan Trainer Nasional Achievement Motivation Training (AMT). Kegiatan selanjutnya adalah grouping dan yel-yel oleh seluruh peserta.

Hari kedua, Sabtu, 19 Maret 2022, kegiatan digelar di Pantai Babah Kuala, Mon Ikeun Kecamatan Lhonga Aceh Besar. Seluruh peserta dibawa ke lokasi kegiatan menggunakan bus wisata dari SMK SMTI Banda Aceh. Berhubung cuaca di pagi hari hujan, keberangkatan ke lokasi diundur ke pukul 09.00 WIB dari yang seharusnya pukul 07.30 WIB. Sebelumnya, seluruh peserta sudah menikmati sarapan pagi bersama.

Sesampai di lokasi, kegiatan dimulai dengan ice breaking dan simulasi bersama (trust building). Sebelum coffee break pertama, peserta mengikuti kegiatan Simulasi 1 yang dikomandoi langsung oleh Tim Psikodista.

Setelah coffee break, kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi 2 s.d. simulasi 5 berupa permainan-permainan untuk melatih komunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan siswa. Seluruh peserta mengikuti kegiatan seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat dan antusias. Sesi ini berlangsung hingga pukul 12.40 WIB karena merupakan sesi istirahat, shalat, dan makan siang (isoma) sampai dengan pukul 14.10 WIB.

Pukul 14.10 WIB, di rundown kegiatan seharusnya sesi untuk Jungle Tracking dan penugasan. Berhubung cuaca baru selesai hujan, rute tracking-nya tidak memungkinkan untuk dilalui karena berlumpur dan licin. Setelah mengirimkan perwakilan peserta dan guru pendampaing untuk observasi lokasi yang memang tidak memungkinkan untuk dilalui, Jungle Tracking dibatalkan oleh Kepala SMK SMTI Banda Aceh. Peserta sedikit kecewa, tetapi demi keamanan dan kelancaran proses kegiatan, pembatalan harus dilakukan.
Hingga menjelang coffee break dan waktu shalat Ashar, kegiatan diisi dengan berbagai permainan dari Tim Psikodista. Setelah itu, kegiatan diisi dengan simulasi final berupa permainan menjinakkan bom.

Pukul 17.00 s.d. 17.30 WIB, materi motivasi “Membangun Karakter Siswa dan Komtemplasi” diberikan oleh Tim Psikodista. Selanjutnya, penyerahan reward dan penutupan oleh Junaidi, Kepala SMK SMTI Banda Aceh.

Alhamdulillah kegiatan capacity building tahun 2022 bisa terlaksana setelah 2 tahun absen. Bapak minta maaf, satu sesi kegiatan yaitu Jungle Tracking terpaksa dibatalkan karena cuaca hujan, medan rutenya berlumpur dan licin. Kita juga sudah mengirimkan perwakilan siswa dan guru untuk uji coba, semuanya mundur. Insya Allah, di lain kesempatan, kita akan ganti khusus sesi ini jika memungkinkan. Mohon do’a dari juga dari anak-anak semua, agar hal ini bisa direalisasi”, tutur Junaidi pada sambutan akhir sekaligus penutupan kegiatan.

Pada pukul 18.00 WIB, semua peserta bersiap-siap masuk ke bus masing-masing dan kembali pulang ke SMK SMTI Banda Aceh. Walau ada satu sesi yang dibatalkan, capacity building 2022 berjalan sukses dan lancar. Pemberian materi dilakukan secara bervariasi. Nara sumbernya juga menyelipkan game-game bagi peserta untuk merangsang pemahaman yang lebih mendalam. Kebanyakan dari game tersebut berfokus pada bagaimana membangun teamwork yang baik. Peserta kegiatan dengan antusias mengikuti program peningkatan kualitas ini.(VMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.