SMK SMTI Banda Aceh ikut serta menyukseskan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diselenggarakan oleh BPSDMI Kementerian Perindustrian dengan tema SDM Industri 4.0 : Kompeten dan Berdaya Saing Global pada 26-28 Juli 2023 di Surabaya. Rakornas tersebut dihadiri oleh Menteri Perindustrian RI, Bapak Agus Gumiwang, dan Kepala BPSDMI, Bapak Masrokhan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian di Surabaya, 26 Juli 2023. Menperin mengatakan, perlu upaya terkoordinasi untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas industri melalui penyiapan tenaga kerja industri yang kompeten, yaitu pembangunan sistem pendidikan dan pelatihan vokasi yang dapat menjembatani kebutuhan industri dengan kompetensi yang dihasilkan.

Kepala BPSDMI Kemenperin, Masrokhan, mengatakan, sektor industri manufaktur nasional membutuhkan SDM industri yang terampil dalam bidang digitalisasi, sebagai salah satu kunci dalam transformasi menuju industri 4.0. Ia mengatakan, Kemenperin menargetkan untuk memenuhi hingga 30% dari kebutuhan tenaga kerja di sektor industri yang mencapai 600-700 ribu orang per tahun.

Selain itu, BPSDMI juga menghadirkan seluruh unit pendidikan dan pelatihan vokasi beserta mitra industri dan mitra kerja luar negeri untuk melakukan showcase dalam bentuk pameran. Mitra-mitra tersebut telah mendukung unit pendidikan dan pelatihan kami dalam menyelenggarakan program pengembangan vokasi selama ini, lanjut Masrokhan.

Pameran menampilkan program kerja, kurikulum, dan teknologi pendidikan yang digunakan unit pendidikan dan pelatihan vokasi BPSDMI, serta beberapa produk hasil teaching factory dan inkubator bisnis. Salah satu tujuan dari pameran ini adalah untuk mendukung kebijakan BPSDMI saat ini, yaitu One Vocational Unit, One Great Achievement.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *