Guru Produktif dan Tenaga Laboratorium SMK SMTI Banda Aceh Tingkatkan Skill melalui Ujikom Teknis 2024

Banda Aceh- Selama dua hari terhitung dari 11 s.d. 12 Juni 2024, guru produktif dan tenaga laboratorium yang bernaung di bawah Satuan Kerja (Satker) SMK SMTI Banda Aceh mengikuti Uji Kompetensi (Ujikom) Teknis yang diadakan oleh LSP-P3 Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia (TELAPI) dan LSP-P3 Logam dan Mesin Indonesia (LMI) di Gedung C dan Gedung D SMK SMTI Banda Aceh. Ujikom Teknis ini bertujuan untuk meningkatkan skill dan knowledge para guru produktif dan tenaga laboratorium yang berada di lingkup SMK SMTI Banda Aceh.

Foto : Kepala SMK SMTI Banda Aceh memberikan arahan kepada guru

“Jadi memang sebelum kita mengadakan praktik laboratorium dengan siswa itu kita harus terlebih dahulu memperoleh sertifikat kompetensi, sudah begitu kan alurnya dari dulu,” jelas Syarifah Mastura, seorang guru bidang Kimia Terapan.

Uji Kompetensi Teknis ini sudah menjadi rutinitas yang diikuti oleh tenaga kependidikan satker vokasi yang diawasi langsung oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.

Selain ujian teoritis, para guru produktif dan tenaga laboratorium juga menjalani ujian praktik yang sudah dijadwalkan oleh para asesor. Kedua ujian ini diadakan agar para tenaga kependidikan memiliki standar terbaik dalam proses pengajaran nantinya.

“Yang mengusulkan untuk dilakukan Ujikom itu dari LSP kita, kemudian kita mengirim usulan kepada BPSDMI, ketika diterima langsung kita laksanakan. Pihak BPSDMI yang menyediakan tim asesor dari TELAPI dan LMI untuk menjadi penilai kegiatan,” lanjut Syarifah.

Foto : Uji Kompetensi Guru Oleh Tenaga LSP-P3 Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia (TELAPI)

Ferdyni Fuad, salah seorang PLP Kimia Instrumen mengatakan bahwa kegiatan Ujikom Teknis ini sangat penting untuk mengasah kemampuan teori dan praktik para guru dan tenaga laboratorium.

“Walaupun ujiannya memang agak buat pusing, tapi Ujikom ini emang sangat penting sih, apalagi dengan ujian ini buat kita jadi belajar lagi dan menambah wawasan,” kata Ferdyni.

Foto : Uji Kompetensi Guru Oleh LSP-P3 Logam dan Mesin Indonesia (LMI)

Dengan adanya Ujian Kompetensi (Ujikom) Teknis ini diharapkan memberi peluang yang lebih luas bagi para guru produktif dan tenaga laboratorium SMK SMTI Banda Aceh agar lebih menguasai berbagai aspek bidang dan wawasan yang lebih luas, khususnya dalam bidang industri yang semakin maju dan berkembang pesat.

Penulis : Ariska Azmi
Foto : Syahril R

Tags:

Comments are closed