SMK SMTI Banda Aceh | BANDA ACEH – Sebanyak 223 lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Banda Aceh yang terdiri dari 133 orang laki-laki dan 90 orang perempuan berhasil diwisuda dan dilantik dalam Acara Wisuda dan Pelepasan Lulusan Angkatan ke-53 Tahun Pelajaran 2021/2022. Acara ini digelar di Gedung Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada Kamis, 17 November 2022.

Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bapak Bakri Siddiq, dalam sambutannya mengingatkan lulusan SMK SMTI Banda Aceh agar bersiap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 karena tantangan dunia kerja pada era industri 4.0 semakin besar mengingat perubahan teknologi terjadi begitu cepat dan hampir mencakup di berbagai bidang, baik itu sosial, ekonomi, politik, maupun media dan bidang-bidang lainnya. Ia berharap, momen wisuda tidak hanya dipandang sebagai acara seremonial saja, tetapi harus menjadi penyemangat menuju jenjang pendidikan berikutnya atau motivasi untuk menyiapkan diri menjadi tenaga kerja yang profesional dan terampil. “Ananda semua harus siap menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0.”

“Revolusi ini menjadi ancaman serius bagi angkatan kerja, bagi yang tidak mempersiapkan diri dengan baik sebab revolusi ini tidak membutuhkan tenaga manusia. Tenaga manusia akan digantikan dengan mesin dan robot-robot. Akibatnya hanya manusia yang mempunyai keahlian yang memiliki peluang untuk bertahan. Salah satu contoh saat ini tenaga manusia telah diganti dengan mesin adalah munculnya mobil tanpa pengemudi,” ujar Bapak Bakri Siddiq.

Masih menurutnya, lulusan SMK merupakan garda terdepan dalam menyongsong era revolusi industri yang tengah dihadapi saat ini. “Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang harus dipersiapkan agar siap bersaing di era revolusi industri 4.0, di antaranya asah soft skill, manfaatkan teknologi digital, dan kuasai ilmu public speaking. Jika tiga hal ini dimiliki akan lahir SDM yang handal, berkualitas, kreatif, dan inovatif guna untuk membangun Kota Banda Aceh yang kita cintai ini,” tutur Bapak Bakri Siddiq.

Selanjutnya, ia berpesan kepada para lulusan, untuk terus menjadi penggerak dalam masyarakat dan pembangunan, tunjukkan kemampuan diri dan kompetensi, kembangkan kemandirian dan bekerja serta bekerja secara professional. “Tentukan target dan tujuan hidup karena kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya, perlu kerja keras dan jangan takut bermimpi dan temukan nilai dalam diri, karena setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri masing-masing,” tuturnya.

Acara wisuda lulusan angkatan ke-53 ini juga memberikan penghargaan kepada siswa teladan dan siswa berprestasi. Berikut daftar siswa-siswa berprestasi tahun pelajaran 2021/2022,

Kompetensi Keahlian Kimia Industri,

  1. Terbaik 1 diraih oleh Fathia Rizki, putra dari Bapak Mahyiddin dan Ibu Yusnidar;
  2. Terbaik 2 diraih oleh Divira Diva, putri dari Bapak Muhammad Daem Darwis dan Ibu Erniati Kassah; dan
  3. Terbaik 3 diraih oleh Sinta Quratul Ainina, putri dari Bapak Mahdi Rusli dan Ibu Dewi Puspita.

Kompetensi Keahlian Analisis Pengujian Laboratorium,

  1. Terbaik 1 diarih oleh Syibran Azhari, putra dari Bapak Aiyub Md dan Ibu Yusmaliana;
  2. Terbaik 2 diraih oleh Intan Az Zahra, putri dari Bapak Andika Saputra dan Ibu Rosdiana; dan
  3. Terbaik 3 diraih oleh M. Attar Naufal, putra dari Bapak Mahfud dan Ibu Milawati.

Kompetensi Keahlian Teknik Mekanik Industri,

  1. Terbaik 1 diraih oleh Ghazy Muhammad Sulhan, putra dari Bapak Muhammad Sulhan dan Ibu Nurul Fajar;
  2. Terbaik 2 Abdul Razaq, putra dari Bapak Karsani dan Ibu Suraiyya; dan
  3. Terbaik 3 diraih oleh Atma Nur Rahmad, putra dari Bapak Toni Mirsal dan Ibu Marliana.

Siswa teladan  SMK SMTI  Banda Aceh Tahun 2022 diraih oleh Farras Fitria Aryani, putri dari Bapak Abdur Razak dan Ibu Ayang Harsia.(MH)

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *