SMK SMTI Banda Aceh – Sejak tanggal 5 Juni hingga awal Juli 2023 nanti, SMK SMTI Banda Aceh melalui Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) yang dikoordinir oleh Ibu Dira Indah Seruni, Wakil Kepala Bidang Humas, melaksanakan proses serah terima siswa kelas XI untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) hingga bulan Novermber 2023.

Prakerin merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilakukan di Industri dan Dunia Kerja (Iduka) yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang pendidikannya. Tujuan program ini agar para siswa dapat mempraktikkan teori yang sudah dipelajari di sekolah dan mendapatkan bekal ilmu untuk meminilisir berbagai kendala saat terjun ke Iduka. Tujuan lainnya yaitu agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dan dapat beradaptasi lebih cepat dengan dunia kerja pascakelulusan mereka nanti. 

Selain tujuan di atas, Prakerin juga memiliki beberapa manfaat bagi siswa, yaitu (1) implementasi teori, (2) membentuk pola piker, (3) melatih profesionalisme, (4) membentuk etos kerja, (5) mengasah kemampuan, (6) menjalin relasi, (7) efisiensi waktu dan tenaga dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja, dan (8) mempersiapkan sdm berkualitas.

Pelaksanaan program prakerin didasari oleh Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri yang memuat klausul tentang Praktek Kerja Industri berbunyi, “Perusahaan Industri dan/atau Perusahaan Kawasan Industri memfasilitasi Praktek Kerja Industri untuk siswa dan Pemagangan Industri untuk guru Bidang Studi Produktif.”

Hal ini juga didukung oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.”

Ada yang berbeda tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu lamanya pelaksanaan Prakerin. Tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Prakerin hanya 3 bulan, tetapi mulai tahun ini hingga selanjutnya, Prakerin akan dilaksanakan selama 6 bulan. Hal ini didasari oleh Peraturan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Nomor 8 Tahun 2023 tentang Panduan Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan, Politeknik dan Akademi Komunitas di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

Pada tahun 2023, sebanyak 260 siswa kelas XII SMK SMTI Banda Aceh. Jumlah total siswa tersebut terdiri atas 90 siswa dari Jurusan Kimia Industri, 80 siswa dari Jurusan Analisis Pengujian Laboratorium, dan 90 siswa dari Jurusan Teknik Mekanik Industri.(MR)

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *