SMK SMTI Banda Aceh – Perayaan ulang tahun sekolah sudah menjadi tradisi dan kegiatan rutin yang dilaksanakan di sekolah setiap tahunnya. Pada tahun 2023 ini, SMK SMTI Banda Aceh merayakan hari jadinya yang ke-58. Perayaan HUT sekolah tahun ini mengangkat tema “One Vocational Unit, One Great Achievement”.

Tepat pada hari Juma’at tanggal 1 September 2023, seluruh murid dan pegawai mengikuti upacara hari jadi SMK SMTI Banda Aceh yang merupakan salah satu sekolah vokasi industri di Sumatera yang berlangsung di komplek Gedung B sekolah setempat pada pagi, (01/09/2023).  Kegiatan perayaan diawali dengan lantunan sholawat kepada nabi Muhammad saw, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang bertujuan untuk kelancaran acara.

Kemeriahan semakin terasa pada perayaan hari jadi sekolah saat prosesi pemotongan tumpeng oleh Bapak Junaidi selaku Kepala Sekolah yang didampingi oleh Wakasek Bidang Kesiswaan, Bapak Safruddin, dan Wakasek Bidang Humas, Ibu Dira Indah Seruni. Dalam kegiatan tersebut, suapan pertama nasi tumpeng langsung dari orang nomor satu di SMK SMTI Banda Aceh untuk Danang Ramadansyah selaku Ketua OSIS SMK SMTI Banda Aceh periode 2023-2024.

Dalam sambutannya, Bapak Junaidi berharap agar SMK SMTI Banda Aceh terus berkembang, hal tersebut bertujuan untuk menjadikan sekolah vokasi semakin maju dengan melahirkan banyak tenaga profesional yang siap bersaing di kancah nasional maupun internasional. “Saya berharap agar sekolah SMK SMTI Banda Aceh semakin maju dan berkembang dari tahun ke tahun yang melahirkan pekerja profesional yang siap bersaing di kancah nasional maupun internasional”, kata Bapak Junaidi.

Rifa Anandita Karamullah yang mewakili OSIS SMK SMTI Banda Aceh dalam sambutannya menyampaikan bahwa sekolah sudah 58 tahun merupakan umur yang cukup tua yang telah dilalui oleh senior-senior yang pernah menimba ilmu di sekolah vokasi industri yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Berkat usaha mereka, telah mengantarkan sekolah pada kondisi berdaya seperti saat ini.

“58 Tahun sudah cukup tua, artinya sejak 58 tahun yang lalu sudah ada orang-orang belajar, mengajar, dan berkarya di SMK-SMTI Banda Aceh. Usaha-usaha mereka telah mengantarkan sekolah ini pada kondisi berdaya seperti sekarang”, kata Rifa. Ia juga berharap agar pelajar lebih sadar untuk membesarkan nama baik sekolah dan mengajak untuk lebih disiplin, peduli, serta lebih semangat dalam mengukir prestasi. “Maka dari itu marilah kita lebih sadar untuk membesarkan nama baik sekolah. Marilah lebih disiplin, lebih peduli dan lebih bersemangat dalam mengukir prestasi untuk diri sendiri orang tua dan sekolah”, harapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Wakasek Bidang Humas SMK SMTI Banda Aceh, Ibu Dira, mengatakan bahwa sekolah vokasi industri ini sudah berdiri sejak tahun 1965 di Banda Aceh di bawah naungan Pemerintah Aceh pada saat itu untuk melatih skill agar bisa mengisi kekosongan pekerja. Namun, sekitar tahun 1980 menjadi bagian dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Beliau juga sangat bangga menjadi bagian dari sekolah tersebut.

“SMK SMTI ini berdiri di Aceh karena terjadi kekosongan tenaga kerja, sehingga pada tahun 1965 berdiri SMK SMTI di Banda Aceh sebagai pelopor sekolah vokasi industri pertama di bawah naungan Pemerintah Aceh. Pada tahun 1980-an berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian hingga saat ini. Saya juga sangat bangga menjadi bagian dari sekolah ini”, kata Bu Dira.

Dalam pelaksanaan kegiatan Dirgahayu SMK SMTI Banda Aceh Ke-58 Tahun juga turut dimeriahkan dengan tarian kreasi oleh pelajar, nyanyian nasyid acapella, dan persembahan-persembahan dari siswa lainnya. Momen perayaan hari jadi tersebut berakhir dengan foto bersama. Dengan diadakannya seluruh rangkaian kegiatan HUT SMK SMTI, diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kreativitas seluruh warga sekolah, baik peserta didik, guru, karyawan, serta alumni.(NS)

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *