SMK SMTI Banda Aceh | BANDA ACEH – Dalam mengembangkan potensi, bakat, dan prestasi siswa, SMK SMTI Banda Aceh telah melaksanakan berbagai upaya kegiatan yang mendukung pencapaian prestasi melalui pembelajaran intrakurikuler dan ekstarkurikuler sepanjang tahun di setiap tahun berjalan. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan serangkaian program kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran terprogram yang bertujuan untuk meningkatkan pola berpikir siswa, menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa, serta semangat pengabdian terhadap masyarakat. 

Salah satu upaya untuk meraih prestasi sekolah yang maksimal melalui program ekstrakurikuler, SMK SMTI Banda Aceh telah mengidentifikasi segala sesuatunya seperti bidang-bidang ekstrakurikuler, kebutuhan sarana prasarana ekstrakurikuler,serta SDM Pembina dan pelatih masing-masing bidang ekstrakurikuler yang ada di SMK SMTI Banda Aceh. Saat ini, sebanyak 11 (sebelas) bidang kegiatan ekstrakurikuler telah disediakan di SMK SMTI Banda Aceh, yaitu: (1) Bidang Disiplin, Upacara Bendera, dan Paskibra, (2) Bidang Pramuka), (3) Bidang Karate, (4) Bidang LKS/ LKTI Kimia Industri, Analisis Pengujian Laboratorium, dan Teknik Mekanik Industri, (5) Bidang TTG Berbasis 4.0, (6) Bidang Pelajar Cinta Lingkungan dan Adiwiyata, (7) Bidang Panahan, Futsal, Sepak Bola, Bola Basket, Bulu Tangkis, Bola Voli, serta Aneka Lomba dan Olimpiade, (8) Bidang Rohis/ Diniyah/ PHBI, (9) Bidang PMR/ Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), (10) Bidang Kesenian, dan (11) Bidang Jurnalistik dan Mading. SMK SMTI Banda Aceh telah mempersiapkan pembina yang memadai, program kerja ekstrakurikuler, dan sarpras yang memadai agar semua bidang ekstrakurikuler berjalan efektif dalam mendukung pencapaian prestasi sekolah secara umum, dan tentunya prestasi siswa-siswanya sendiri.

Ekstrakurikuler bisa dikatakan merupakan penunjang proses pembelajaran yang sifatnya tidak hanya teori tetapi langsung kepada praktiknya sehingga siswa lebih mudah dalam pemahaman teori dan juga melatih konsentrasi. Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. Banyaknya kegiatan yang bernilai edukatif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa menambah semangat siswa dalam meningkatkan prestasinya baik di bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, dengan ikut sertanya anak-anak ke dalam kegiatan eskul, diharapkan kepribadian anak menjadi berkembang, mereka akan lebih dewasa dalam berpikir, dan memiliki koneksi luas dalam hal pergaulan. 

Sepanjang tahun 2022, berbagai prestasi kegiatan ekstrakurikuler telah berhasil diraih oleh siswa hampir semua bidang ekstrakurikuler. Hal ini merupakan sebuah kebanggan bagi SMK SMTI Banda Aceh, terlebih bagi siswanya sendiri karena hal ini bisa menjadi sebuah pembuktian hasil usaha keras mereka dalam belajar dan berlatih selama ini.

Kejuaraan Karate Wadokai Se-Aceh 2022

Pada hari Sabtu, 26 Maret 2022, Dojo SMK SMTI Banda Aceh memborong 3 Medali Emas, 2 Medali Perak, dan 2 Medali Perunggu pada Kejuaraan Karate Wadokai Se-Provinsi Aceh 2022 pada hari Sabtu, 26 Maret 2022.

Pencak Silat Seni Tunggal IPSI Se-Kota Banda Aceh 2022

Pada hari Sabtu, 21 Mei 2022 lalu, siswa SMK SMTI Banda Aceh kelas XI APL A atas nama Zahra Hamid berhasil meraih Juara 1 Pencak Silat Seni Tunggal IPSI Se-Kota Banda Aceh dan berhak mewakili Kota Banda Aceh di Tingkat Provinsi Aceh. Di tingkat provinsi, keberuntungan belum berpihak kepadanya. Namun, usaha dan semangat berjuangnyalah yang lebih penting dan patut mendapatkan apresiasi.

AHM Best Student 2022 Regional Aceh Kategori Invensi 2022

Latifah siswa kelas XII APL A berpasangan dengan Willy nasution siswa kelas XII KI A berhasil merebut gelar Juara 1 AHM Best Student 2022 Regional Aceh Kategori Invensi pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 lalu. Mereka berhak maju ke tingkat Nasional Mewakili Provinsi Aceh beberapa waktu setelahnya. Di tingkat nasional, mereka harus berbesar hati belum bisa meraih predikat juara.

Paskibra Provinsi Aceh 2022

Sebanyak 4 (empat) orang siswa ekstrakurikuler Bidang Disiplin, Upacara Bendera, dan Paskibra berhasil terpilih sebagai Tim Pasukan Pengibar Bendera Provinsi Aceh di Lapangan Blang Padang Kota Banda Aceh pada Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022. Mereka adalah Teuku Riza Aulia siswa kelas XII TMI A, Bella Wulandari siswa kelas XII APL A, Ilham Ali siswa kelas XI – TMI C, dan Nila Sari Dewi siswa kelas XI – APL C.

Tim Marching Band Gita Handayani Dinas Pendidikan Aceh 2022 Masih seputar peringata HUT RI Ke-77, tepat tanggal 17 Agustus 2022 lalu, sebanyak 3 (tiga) orang siswa SMK SMTI Banda Aceh terpilih sebagai Anggota Tim Marching Band Gita Handayani Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan tampil di Istana Merdeka Jakarta. Mereka adalah Azizurrahman siswa kelas XI APL B), Habiburrahman siswa kelas X TKI C, dan Khairunnisa Rizal siswa kelas X APL B.(MH)

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *