Lomba Pidato dengan Tema “Perempuan dan Politik” Antarsiswa SMA/Sederajat 2022

Zahra Hamid  siswa kelas XII APL A, pada hari Sabtu, 17 September 2022 lalu memenangkan Lomba Pidato dengan Tema “Perempuan dan Politik” Antarsiswa SMA/sederajat dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Daerah Aceh 2022. Raihan prestasi Juara 1 ini merupakan prestasi keduanya pada tahun 2022 ini. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Aceh di Aula Kesbangpol Aceh.

Kejuaraan Nasional Wadokai Karate-Do Indonesia 2022

Pada bulan September lalu, tepatnya tanggal 23 s.d. 25 September 2022, siswa SMK SMTI Banda Aceh kelas X TMI A atas nama Daffa Khairullah berhasil menyabet Juara 2 Kejuaraan Nasional Wadokai Karate-Do Indonesia Kategori Kumite Junior Putra – 55 kg mewakili Provinsi Aceh di GOR Pasar Minggu Jakarta.

Turnamen Voli Antar-SMK Se-Kota Banda Aceh

Di bidang olahraga bola voli, siswa SMK SMTI Banda berhasil meraih Juara 3 Turnamen Voli Antar-SMK Se-Kota Banda Aceh pada hari Sabtu & Senin, 15 & 17 Oktober 2022 lalu di Lapangan Voli SMK Negeri 1, 2, dan 3 Kota Banda Aceh. Turnamen Voli ini diselenggarakan oleh MGMP Pendidikan Jasmani Kota Banda Aceh yang bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar-SMK se-Kota Banda Aceh.

Kompetisi Electronic Camp 2022

Pada Kompetisi Electronic Camp 2022 yang diadakan oleh Jurusan Fisika (Teknik Elektronika) FMIPA Universitas Syiah Kuala, 2 (dua) tim siswa SMK SMTI Banda Aceh, Tim A dan Tim B, menyabet 2 (dua) penghargaan. Tim A yang beranggotakan Ghazy Ammar Munthasir siswa kelas XI TMI A, Sultan Syawal Al Fauzan siswa kelas XI TMI A, dan Syabil Akhtar siswa kelas XI TMI A berhasil meraih Juara Favorit Kategori Uniqeness Technology dengan project “Auto Cooler Fan” sedangkan Tim B yang beranggoatakan M. Zawil Kiram siswa kelas kelas XI TMI B, Ibrahim Yahya siswa kelas XI TMI A, dan M. Haiqal Azizi siswa kelas XI TMI B berhasi menjadi Juara Umum 2 dengan project “Auto Rubbish Bin/ Storage Box”. Kompetisi Electronic Camp 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 28 s.d. 30 Oktober 2022. Project kedua tim ini memanfaatkan barang bekas sebagai pembuatan konsep prototype project-nya. Mereka dibimbing langsung oleh Bapak Dian Syahputra, Ibu Afryantima Siregar, dan Bapak Teuku Hakim Alfurqan, Tim Guru Tekik Mekanik Industri SMK SMTI Banda Aceh.

Lomba i-SAT Inovasi Produk Fakultas Teknik USK Tingkat SMA/ Sederajat 2022

Pada perlombaan i-SAT yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, siswa SMK SMTI Banda Aceh berhasil meraih Juara 2 Lomba i-SAT Inovasi Produk Tingkat SMA/sederajat Tahun 2022.

Koetaraja Scout Competition Go To Raimuna, Kwartir Cabang Kota Banda Aceh 2022

Siswa Ekstrakurikuler Bidang Pramuka SMK SMTI Banda Aceh mengikuti Koetaraja Scout Competition Go To Raimuna, Kwartir Cabang Kota Banda Aceh Tahun 2022 pada hari Jum’at s.d. Minggu, 11 s.d. 13 November 2022 di SMA Negeri 11 Banda Aceh. Pada kegiatan yang diadakan selama 3 hari tersebut, Tim Pramuka Putri berhasil meraih Juara II “Peta Topografi”.

Sederet prestasi siswa sepanjang tahun 2022 di atas menunjukkan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah. Dengan adanya ekstrakulikuler tersebut, pihak sekolah maupun orang tua siswa berharap bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini mampu memberikan sumbang pengetahuan baru dan menumbuhkan karakternya yang baik sehingga pengalaman belajar siswa menjadi baik dan menunjang siswa agar berprestasi dengan baik. Kegiatan ekstrakurikuler juga diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan untuk memperoleh pengetahuan baru yang nantinya dapat diadopsi atau dikorelasikan dengan pengetahuan yang diperoleh dari proses belajar mengajar. Dapat diambil kesimpulan bahwa ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi dan pembentukan karakter siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat bertambah wawasan mengenai mata pelajaran yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas. Kompetensi SDM pembina dan pelatih kegiatan ekstrakurikuler yang baik dan sesuai merupakan salah satu modal utama untuk menumbuhkembangkan minat, bakat, dan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Tentunya, tumbuh kembang hal-hal tersebut berdampak pada prestasi belajar siswa. Siswa yang aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung akan terampil dalam berorganisasi juga kegiatan belajar mengajar, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik ekstrakurikuler yang digeluti atau saat pemecahan masalah dalam tugas berkelompok. Menyongsong tahun 2023 ini, harapan terbesar seluruh pihak, baik itu pihak sekolah, orang tua/ wali siswa, masyarakat, dan tentunya siswa-siswa sendiri adalah agar bisa dan mampu mengukir prestasi-prestasi terbaik sesuai minat dan bakatnya. Untuk seluruh siswa, terus tumbuhkan dan tingkatkan semangat belajarnya. SMK SMTI Banda Aceh sangat mendukung segala proses yang dibutuhkan untuk dilakukan demi memaksimalkan pencapaian terbaik siswa-siswanya.(MH)

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *