SMK SMTI Banda Aceh – Audit eksternal Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Tahun Anggaran 2022 SMK SMTI Banda Aceh telah dilaksanakan pada hari Senin s.d. Rabu tanggal 13 s.d. 15 Februari 2023 oleh Badan Sertifikasi Internasional PT. TUV Rheinland Indonesia Cabang Jakarta. Hasilnya, SMK SMTI Banda Aceh kembali dinyatakan berhak untuk menerima sertifikat kedua sistem manajemen tersebut.

Pelaksanaan audit eksternal ini seharusnya diadakan tahun 2022 lalu. Namun, pelaksanaannya diundur ke tahun 2023 ini karena padatnya kegiatan di lingkungan SMK SMTI Banda Aceh berbenturan dengan jadwal pelaksanaan yang direncanakan sebelumnya. Kegiatan ini terealisasi pada minggu ketiga Februari 2023 lalu secara interview dan observasi langsung sampel dokumen/ rekaman ke lapangan (on site) dengan auditor untuk SMM ISO 9001:2015 adalah Bapak Heru Subroto dan auditor untuk SMK3 adalah Bapak Vickres Legowo.

Audit SMM ISO 9001:2015 sendiri mengacu pada persyaratan SNI ISO 9001:2015 dan ISO 19011 yang meng-cover kebijakan pimpinan, quality and environmental management system, pengembangan dan evaluasi kurikulum dan kegiatan pembelajaran, kegiatan kesiswaan/ ekskul/ OSIS, pengelolaa kompetensi keahlian, pengelolaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, bidang laboratorium dan mini plant, kegiatan ketatausahaan, praktik kerja industry, serta program/ kegiatan promosi dan hubungan industri dan masyarakat. Sedangkan aspeknya meliputi leadership, interested parties’ needs & requirement, risk management, customer focus, strategic policy, objectives, management review, continual improvement, environment policy, internal audit, management review, objectives target and programs, legal and evaluation compliance, environment aspect & impact, monitoring and measurement, permit and licenses, and emergency preparedness.

Sementara itu, audit SMK3 mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012. Proses audit SMK3 Tahap Awal (64 kriteria) meliputi aspek pembangunan dan pemeliharaan komitmen, strategi pendokumentasian, peninjauan ulang desain dan kontrak, pengendalian dokumen, pembelian barang dan jasa, keamanan bekerja berdasarkan SMK3, standar pemantauan, pelaporan dan perbaikan, pengelolaan material dan perpindahannya, pengumpulan dan penggunaan jasa, penerapan SMK3, serta pengembangan keterampilan dan kemampuan.

Alhamdulillah, pada penutupan audit eksternal ini, Bapak Heru Subroto menyatakan bahwa berdasarkan hasil audit terjadi peningkatan hasil penilaian implementasi SMM ISO 9001:2015 di lingkungan SMK SMTI Banda Aceh TA 2022 dibandingkan dengan TA 2021 lalu. Selanjutnya, hasil audit SMK3 TA 2022 di Februari 2023 berhasil meraih predikat emas/ gold dengan dengan pemenuhan persyaratan SMK3 sebesar 85,94 %. Kedua auditor dari PT TUV Rheinland Indonesia itu menyimpulkan hasil audit bahwa SMK SMTI Banda Aceh kembali berhak menerima Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.(MH)

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *